Pada hari senin, 22 Juli 2019 telah berlangsung peresmian puskesmas prototype DAK Afirmasi 2018 di Kabupaten Landak, peresmian  secara simbolik di laksanakan di puskesmas Karangan Kecamatan Mempawah Hulu oleh Bupati Landak dr.Karolin Margret Natasa bersama Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementereian Kesehatan RI dr. Andi Seguni. MA

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya dapat terwujud. Sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang  produktif secara sosial dan ekonomis.

Visi dan misi pemerintah republik indonesia yaitu “terwujudnya indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong”. Upaya untuk mewujudkan visi ini salah satunya nya adalah mewujudkan kualitas hidup manusia indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera, mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

Arah pembangunan di bidang kesehatan diantaranya adalah  membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah-Daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan serta meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia.

Bidang kesehatan  memiliki peran dan berkonstribusi dalam meningkatnya status kesehatan masyarakat dan; meningkatnya daya tanggap (responsiveness) dan perlindungan masyarakat terhadap risiko sosial dan finansial di bidang kesehatan.

Kabupaten Landak sekarang berusia 19 tahun,  dan saat ini kita bisa melihat bersama berdiri gedung puskesmas yang Modern menjadi kebanggaan kita bersama, Puji Tuhan pada tahun 2018 Kabupaten Landak mendapatkan 6 pembangunan puskesmas prototype yang bentuk bangunannya sama se-indonesia yaitu Puskesmas Karangan di Kecamatan Mempawah Hulu, Puskesmas Mandor di Kecamatan Mandor, Puskesmas Sebangki diKecamatan Sebangki, Puskesmas Semata di Kecamatan Ngabang, Puskesmas Meranti di Kecamatan Meranti, Puskesmas Serimbu di Kecamatan Air Besar

Pembangunan puskesmas ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi Tahun 2018 Kementerian Kesehatan RI, mencakup “ bangunan puskesmas, penataan halaman, rumah dinas medis dan para medis, kendaraan roda dua, kendaraan roda 4 (Ambulance dan Puskesmas Keliling) pembangunan jembatan penghubung, instalasi pembuangan akhir limbah (IPAL), prasarana air bersih serta alat kesehatan (alkes)”. Yang teknis pelaksanaannya adalah  Dinas Kesehatan Kabupaten Landak. 

Dan pada tahun 2019 ini segera akan di bangun 1 puskesmas prototype lagi yaitu puskesmas pahauman di Kecamatan Sengah Temila. Jadi total ada 7 puskesmas prototype  yang sudah di bangun, sisa 9 lagi yang perlu di perjuangkan agar bangunannya sama dengan yang lainnya.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Landak terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, karena sebagai ujung tombak pemberi pelayanan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Landak ini.

Bupati Berharap Petugas Medis Dapat Memberikan Pelayanan Priman Kepada Masyarakat Tanpa Memandang Suku, Agama, Ras Dan Golongan Serta Status Sosial Lainnya, Sehingga Pelayanan Kesehatan Dapat Dirasakan Langsung Manfaatnya.

“Mari Kita Dukung Berbagai Program Pemerintah Baik Itu Program Pemerintah Pusat Maupun Pemerintah Daerah Sehingga Terwujud Kabupaten Landak Yang Mandiri, Maju Dan Sejahtera,”