LANDAK- Bupati Landak Karolin Margret Natasa Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Landak, tepatnya di Desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu, yang dihadiri oleh Para Kepala OPD Kabupaten Landak, Anggota Forkopimda Kabupaten Landak, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Landak, Senin (9/5/2022).

Dengan adanya tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai, maka Pemerintah Kabupaten Landak merencanakan pembangunan Rumah Sakit Kelas D Pratama.

Sebelum sampai pada tahapan kegiatan perencanaan pembangunan Rumah Sakit Pratama, terlebih dahulu dilakukan 2 (dua) kegiatan pendahuluan atau pra perencanaan yakni Penyusunan Studi Kelayakan (Feasibility Study) dan Master Plan Rumah Sakit Pratama. Studi Kelayakan Rumah Sakit dimaksudkan agar dalam mendirikan atau mengembangkan Rumah Sakit dapat menentukan fungsi layanan yang tepat dan terintegrasi sehingga sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang diinginkan (health needs), kebudayaan daerah setempat (cultures), kondisi alam daerah setempat (climate), lahan yang tersedia (sites) dan kondisi keuangan manajemen RS (budget). Analisa dari studi kelayakan memberikan perspektif dari 4 (empat) sudut pandang, yaitu analisis situasi, analisis permintaan, analisis kebutuhan dan analisis keuangan yang akan secara singkat disimpulkan sebagai berikut yakni : Rumah Sakit Pratama layak untuk dibangun di Kabupaten Landak. Hasil analisis menunjukkan Desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu merupakan lokasi yang tepat untuk menjadi lokasi RS Pratama. Dan untuk kegiatan Penyusunan Master Plan Rumah Sakit Pratama secara umum dimaksudkan agar dalam menyusun rencana secara keseluruhan yang berkesinambungan dan terpadu untuk melaksanakan fungsi sepenuhnya sebagai Rumah Sakit yang terus berkembang dalam peningkatan layanannya secara terinci dalam tahapan-tahapan pengadaan sumber daya manusia, pembiayaan, maupun prasarana dan sarana fisik bangunannya, yang tersusun dalam suatu Rencana Induk/ Master Plan Rumah Sakit. Dan secara khusus Master Plan dijadikan dasar dalam mewujudkan Rencana Pembangunan RS Tipe D Pratama di Kabupaten Landak yang baik dan benar serta menjadi acuan bagi pengelola rumah sakit maupun bagi tim perencana sehingga masing-masing pihak dapat memiliki persepsi yang sama. 

Harapan Bupati Landak di bangunnya Rumah Sakit Pratama ini bisa lebih dekat dan cepat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan  bagi Kecamatan-kecamatan yang jauh dari RSUD Landak yang terletak di Ngabang seperti Mempawah Hulu, Banyuke Hulu, Menjalin, Sompak dan Mandor.