LANDAK- Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius, S.Sos, MMA hadir dalam Kegiatan Aksi Bergizi Nasional di SMA Negeri 1 Ngabang. Turut hadir dari OPD terkait seperti, Dinas Pendidikan Kabupaten Landak, DSP3AKB Kabupaten Landak, Kemenag Kabupaten Landak, Diskominfo Landak, TP PKK Kabupaten Landak, Analis Kebijakan  Kesra Kabupaten Landak yang mengikuti kegiatan di Provinsis Kaliamtan Barat secara Virtual. Selasa (26 OKtober 2022).

Pada kesempatan ini ada dialog langsung menyapa setiap Kabupaten Kota wilayah Kalimantan Barat  secara virtual. Di Kabupaten Landak kegiatan dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu MTS Negeri Landak dan SMA Negeri 1 Ngabang, rangkaian kegiatan ini berupa senam bersama, sarapan bergizi bersama, Minum Tablet Tambah Darah (TTD) kusus siswi saha mengikuti zoomeeting langsung dengan Kementerian Kesehatan, setelah itu mengikuti zoomeeting dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan barat yang di damping oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, setelah itu siswi-siswi membuat gerakan flasmob Aksi Berizi dan terakhir khusus siswi kelas VII dan IX untuk pengecekan Hb Darah. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serempak.

Tujuan kegiatan ini adalah memberi kebiasaan bagi setiap sekolah SLTP sederajat dan SLTA sederajat unutk menjadi kegiatan ruting yang dilaksanakan seminggu sekali seperti makan bergizi di sekolahan, senam bersama, minum tablet tambah darah bagi siswi sekolah. Minum tablet tambah darah bagis siswai agar tujuan mencegah anemia bagi remaja puteri, dan ini juga merupakan salah satu percepatan penurunan angka stunting dalam jangka panjang dimana remaja puteri adalah cikal bakal calon ibu dikemudian hari.